Saturday, November 9, 2019

Jenis-jenis Waham Beserta Contohnya


Pernah mendengar orang yang mengaku-ngaku dirinya seorang Tuhan sampai melahirkan agama baru yang menentang ajaran agama lain ? atau seseorang yang mengaku bahwa dia adalah seorang presiden ? Ada pula yang merasa bahwa dirinya di intimidasi oleh seseorang mengira bahwa orang lain mengincarnya untuk berbuat kejahatan pada dirinya ?

Kasus-kasus tersebut merupakan beberapa kasus yang termasuk dalam kategori gangguan jiwa. Gangguan jiwa yang biasnya terjadi pada kasus-kasus tersebut adalah skizofrenia. Namun di sini saya tidak membahas mengenai skizofrenia tetapi gejala positif dari skizofrenia, yaitu waham
Kasus di atas menggambarkan perilaku waham. Mengaku bahwa dirinya tuhan merupakan contoh dari waham keagamaan. 

Sebenarnya apa itu waham ?
Waham/delusi adalah keyakinan yang salah yang tidak dapat dibenarkan dengan kenyataan. Seseorang meyakini suatu yang menurutnya benar tetapi tidak bisa di jelaskan dengan logika atau seseorang tidak mampu membedakan lamunan dan kenyataan.
Orang dengan waham terjadi gangguan pada isi pikirnya. Pemikirannya berbeda dengan orang normal pada umumnya. Orang dengan waham sangat menyakini bahwa pemikirannya itu benar dan berusaha mengungkapkannya berulang-ulang agar orang lain juga mempercayainya.


Waham dapat dibedakan menjadi beberapa jenis 

Waham agama
Keyakinan yang salah terhadap ajaran agama, diucapkan berulang-ulang tetapi tidak sesuai dengan kenyataan. Keyakinan ini seputar keyakinan keagamaan.
Contoh : “saya adalah tuhan yang dapat mengatur seluruh isi bumi ini.” Atau “jangan sembarangan sama saya, saya ini nabi utusan tuhan dibumi ini.”

Waham kebesaran
Seseorang meyakini bahwa dirinya memiliki kelebihan dan kekuatan khusus yang berbeda dari orang lain. Keyakinan ini seputar Kemampuannya yang dimilikinya namun tidak sesuai dengan kenyataan
Contoh: “saya ini adalah preseiden mbak, saya akan memakmurkan negara ini” atau “saya mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan orang lain” 

Waham somatik
Keyakinan bahwa ada permasalahan di dalam tubuhnya dan merasa tubuhnya terserang penyakit yang membahayakan
Contoh : "Ada ular di dalam tubuh saya", "kemarin malam jantung saya benar-benar berhenti berdetak" Atau saya ini sakit kanker payudara stadium 4" Padahal setelah diperiksa kan ke medis tidak ada indikasi kanker

Waham nihilistik
Seseorang meyakini bahwa dirinya sudah meninggal dan tidak lagi hidup seperti manusia.
Contoh : "Saya sudah meninggal, sudah tidak lagi hidup di bumi" Atau kita ini sudah berada di alam kubur mbak, semua yang ada di sini roh-roh orang yang sudah meninggal"

Waham curiga
Meyakini bahwa ada orang lain akan melakukan sesuatu pada dirinya. Seseorang dengan waham ini selalu timbul kecurigaan kepada orang lain, berpikir bahwa orang lain ingin menyakitinya dan merasa di mata-matai, di intimidasi dan di ikuti kemanapun ia pergi.
Contoh: "ketika saya pulang kerja saya diikuti oleh laki-laki yang ingin membunuh saya" Atau "teman kerja selalu mengintai saya dan ingin memukuli saya karena iri dengan kesuksesan saya"

Waham sisip pikir
Keyakinan seseorang bahwa pikiran orang lain disisipkan dengan sengaja di dalam pikirannya.
Contoh: "orang itu yang sudah menyisipkan pikiran-pikiran busuk ini dalam otak saya sehingga saya selalu berpikiran untuk berbuat jahat"

Waham kontrol
Seseorang percaya bahwa pikiran, perasaan dan perilakunya dikendalikan oleh orang lain.
Contoh : "Alien telah mengendalikan pergerakan tubuh saya, saya bergerak seperti ini ya dikendalikan oleh alien"

Waham siar pikir
Keyakinan seseorang bahwa orang lain mengetahui apa yang dipikirkannya walaupun dia tidak mengatakan apapun kepada orang lain. Menyakini bahwa pikirannya di pancar luaskan sehingga bisa diketahui oleh orang lain.
Contoh : "cerita yang dosen ceritakan di kelas tadi itu seperti cerita saya, dosen tau apa yang sedang saya pikirkan, pikiranku diketahui banyak orang" Atau "berita di TV membicarakan masalah yang saya hadapi sekarang

Jadi masalah pada orang waham adalah ada gangguan pada isi pikirnya. Penderita waham akan menyakini sesuatu yang salah. keyakinan tersebut tidak bisa dibuktikan dengan kenyataan, tetapi apa yang dia yakini akan diucapkan secara berulang-ulang. Ada beberapa jenis waham yang dapat diketahui dari isi pikirnya yaitu waham agama, kebesaran, nihilitik, somatik dan lainnya. Salah satu jenis waham yang sering di beritakan adalah waham keagamaan dimana orang tersebut mengaku dirinya sebagai nabi maupun tuhan. 


No comments:

Post a Comment